Selasa, 05 April 2011

Anime Review - [CLANNAD]

Mata aeta ne, minna-san! ^o^
Chara-chii desu! Kali ini aku mau tulis review anime "Clannad".
Mungkin udah banyak yang tahu Clannad karena gambarnya yang kawaii, tapi apa semua sudah pernah tonton animenya? Atau malah main gamenya?
Game? Yap, Clannad aslinya dirilis dalam bentuk visual-novel game. Ceritanya yang menyentuh (juga lumayan panjang ^^;) dan artwork-nya yang moe banyak menarik fans cewek maupun cowok. Sebenarnya kayak apa sih ceritanya?
Hajimeru yo~ :D


L to R: Fuko, Kotomi, Kyou, Nagisa, Tomoyo



A LITTLE GLIMPSE TO HIKARIZAKA...

Keadaan keluarga Tomoya Okazaki tak bisa dibilang baik. Sepeninggal sang ibu, ia tinggal berdua dengan ayahnya, dimana hubungan keduanya begitu dingin, jauh dari kesan sebuah 'keluarga'. Tomoya pun menjalani hidupnya tanpa tujuan yang jelas, padahal kini ia kelas 3 SMA. Hingga akhirnya ia ditakdirkan bertemu dengan Nagisa, seorang murid kelas 3 seperti dirinya, yang ternyata setahun lebih tua darinya. Pertemuan keduanya mengingatkan Tomoya akan satu hal yang lama tak dirasakannya, arti sebuah 'keluarga'...


THE FAMILY MEMBERS

Tokoh utama CLANNAD. Murid kelas 3 SMA yang acuh tak acuh pada hidupnya, itu sebelum dia bertemu Nagisa. Dulunya Tomoya adalah atlit basket sekolahnya, namun cedera lengan yang didapatnya dari pertengkaran dengan sang ayah memaksanya berhenti main basket, dan sejak itu pula ia sering bolos sekolah bersama Sunohara. Hubungannya dengan sang ayah dingin, terlebih ayahnya menganggapnya seperti 'orang lain' dan memanggilnya 'Tomoya-kun' (umumnya orangtua memanggil anaknya dengan namanya saja). Berkat Nagisa-lah, Tomoya menyadari bahwa ia sebenarnya punya banyak teman yang selalu siap membantunya. Walau pembawaannya keras di luar, namun sebenarnya ia orang yang baik.

Seiyuu: Yuichi Nakamura
(Ikuto Tsukiyomi - Shugo Chara!)


Gadis polos dan naif yang awalnya tidak punya teman (dan tidak yakin bisa punya), sebelum Tomoya menegurnya. Kondisi tubuhnya lemah, dan inilah alasan ia mengulang kelas 3 SMA (usianya setahun lebih tua dari Tomoya). Sangat menyukai "Dango Daikazoku", acara TV untuk anak-anak yang selalu ditontonnya semasa kecil (bahkan ia hafal lagunya :3). Keluarganya membuka toko roti, dan bisa dibilang adalah gambaran keluarga yang sangat ideal (ayah yang family-man, ibu yang sangat mengerti anaknya), suatu hal yang selama ini diimpikan Tomoya. Keinginannya sederhana, bisa tampil di panggung teater sekolahnya, yang tadinya sulit dicapai karena ia tak punya teman untuk membantu mewujudkannya. Ia begitu bersyukur bertemu Tomoya, karena berkat Tomoya kini ia punya teman-teman yang selalu ada untuknya.

Seiyuu: Mai Nakahara
(Karin Hanazono - Kamichama Karin)

Gadis jenius sekaligus murid terpintar di SMA Hikarizaka. Kotomi sangat pendiam dan sulit diajak berkomunikasi. Suaranya pelan dan bicaranya pun lambat. Walau awalnya Tomoya tak ingat, dulu Kotomi adalah teman masa kecilnya, putri tunggal dari sepasang peneliti terkenal. Kematian orangtuanya dalam sebuah kecelakaan pesawat meninggalkan trauma yang cukup dalam padanya. Hobinya membaca buku dan main biola, walau permainannya sendiri tak bisa dibilang pandai.

Seiyuu: Mamiko Noto
(Ai Enma - Jigoku Shoujo)


Teman sekelas Tomoya sewaktu kelas 2 SMA, dan saat ini ia ketua kelas di kelasnya (dia beda kelas dengan Tomoya). Adik kembarnya, Ryou, sekelas dengan Tomoya. Kyou berusaha mendekatkan adiknya dengan Tomoya, dan perlahan menyadari ia sendiri menyukai Tomoya, tapi tak pernah ditunjukkannya terang-terangan demi menjaga perasaan Ryou, lebih-lebih karena ia sadar Tomoya begitu dekat dengan Nagisa. Agak over-protektif terhadap Ryou, ia tak segan-segan melempar kamus tebal pada orang yang mengganggu adiknya. Sering adu mulut dengan Tomoyo yang dianggapnya 'saingan' dalam berbagai arti, walau mereka kompak dalam urusan menangani tingkah Sunohara. Kyou memelihara seekor anak babi hutan yang diberinya nama "Botan". Ia juga dikenal jago memasak.

Seiyuu: Ryou Hirohashi
(Sora Naegino - Kaleido Star)


Adik kembar Kyou dan ketua kelas Tomoya. Berbeda dengan kakaknya, Ryou sangat kikuk dan mudah salah tingkah, terutama jika menghadapi Tomoya (yang sebaliknya justru santai menghadapi Ryou). Selain beda sifat, ia juga tidak pandai memasak. Hobinya meramal, yang terkadang tepat terkadang pula melenceng jauh. Walau Kyou tak pernah memberitahunya, sebetulnya Ryou sadar Kyou juga menyukai Tomoya.

Seiyuu: Akemi Kanda
(Nina Sakura - Ultra Maniac)


Dulunya, ia teman seangkatan Nagisa. Sayang, di hari pertama masuk SMA ia justru mengalami kecelakaan hingga jatuh dalam koma panjang. Belakangan ia sering muncul di sekolah dan bertemu Tomoya, yang suka menjahilinya saat sedang 'terpukau'. Setiap hari Fuko berkeliling sekolah membagikan ukiran bintang laut dari kayu sebagai undangan untuk orang-orang agar datang ke pernikahan kakaknya, Kouko. Semua orang bisa melihat 'roh'nya, kecuali sang kakak yang paling disayanginya. Impiannya adalah menyaksikan pernikahan kakaknya, yang untungnya berhasil diwujudkan walau hanya sesaat.

Seiyuu: Ai Nonaka
(Kafuka Fuura - Sayonara Zetsubou-sensei)

Murid pindahan yang (walau cantik) jago beladiri dan kerap menggunakan kemampuannya itu untuk memberantas anak geng. Walau setahun lebih muda dari Tomoya & Sunohara, ia tak segan-segan bicara padanya atau menghajar Sunohara apabila kumat bodohnya. Dulu keluarganya broken home, Tomoyo yang tak menyukai keadaan itu menjadi pemberontak dan sering berkelahi dengan anak geng, meninggalkan adiknya yang kesepian. Sampai saat orangtuanya hampir memutuskan bercerai, adiknya nyaris mati bunuh diri, dimana kejadian ini menyatukan kembali keluarganya yang terpecah. Ambisinya jadi ketua OSIS juga adalah demi adiknya, Takafumi, yang tak ingin deretan pohon sakura di Hikarizaka ditebang habis demi sebuah proyek. Saingan berat Kyou, sama-sama jago masak dan beladiri, pintar, juga tipe orang yang selalu terus terang menyampaikan pendapatnya.

Seiyuu: Houko Kuwashima
(Sango - Inu Yasha)


Sahabat setia Tomoya, yang lebih cocok disebut 'korban' keisengan cowok itu (dari mulai yang 'normal' sampai gila-gilaan LOL). Tadinya ia siswa beasiswa sepakbola, tapi ia dikeluarkan dari klub karena cekcok dengan anggota timnya. Cowok yang hobi menggoda cewek (bahkan ibu Nagisa sekalipun) ini terbilang paling banyak tertimpa sial; jadi korban lemparan kamus Kyou, dihajar Tomoyo, dikerjai Tomoya juga sering 'disalah artikan' oleh teman-temannya. Lebih sering kelihatan malas dan lebih cepat bertindak daripada berpikir, tapi sebenarnya ia orang yang mau bertanggung-jawab, dan tidak segan-segan membela yang dianggapnya benar. Ia jugalah yang mendorong Tomoya agar menyadari perasaannya pada Nagisa. Ada hints bahwa dia menyukai Tomoyo, terlihat dari bagaimana ia terus 'mengusik' gadis itu walau sudah berkali-kali pula dihajar yang bersangkutan.

Seiyuu: Daisuke Sakaguchi
(Quiche - Tokyo Mew Mew)



ANOTHER CASTS

Karakter2 lain yang muncul dalam cerita ini. Karena lumayan banyak, akan kuberi sedikit keterangan saja :D
(di atas SPOILERnya banyak sih ^^;)

1. AKIO FURUKAWA (
古河 秋生
)
Ayah Nagisa. Walau kelihatan galak, ia adalah sosok yang baik hati dan tidak tegaan, namun
tetap tegas
.
Seiyuu: Ryotaro Okiayu (Byakuya Kuchiki - Bleach)

2. SANAE FURUKAWA (古河 早苗)
Ibu Nagisa yang begitu awet muda (sampai sering dikira kakak Nagisa). Bisa dibilang ialah cinta pertama Sunohara (yang tentu saja berakhir dengan patah hati ^^;). Ia sangat suka bereksperimen dengan jenis roti yang akan dijualnya, yang kadang berakhir dengan roti gagal ^^;.
Seiyuu: Kikuko Inoue (Kasumi Tendo - Ranma 1/2)

3. MEI SUNOHARA (春原 芽衣)
Adik Youhei (Sunohara) yang masih duduk di SMP. Tinggal di kota yang berbeda dengan sang kakak membuatnya sering rindu dan khawatir dengan keadaan kakaknya. Walau kakak-adik, sifat Mei bisa dibilang kebalikan dari Youhei, walau mulut usilnya sama saja.
Seiyuu: Yukari Tamura (Elizabeth Middleford - Kuroshitsuji)

4. KOUKO IBUKI (伊吹 公子)
Kakak Fuko. Ia sudah bertunangan dengan Yusuke, namun ia selalu menunda pernikahannya karena tak ingin dirinya saja yang berbahagia sementara adiknya koma di rumah sakit.
Seiyuu: Yuuko Minaguchi (Nadeshiko Kinomoto - Cardcaptor Sakura)

5. YUSUKE YOSHINO (芳野 祐介)
Tunangan Kouko. Sebelum bekerja sebagai pegawai listrik, dulunya ia adalah musisi rock yang terkenal. Tomoya & Sunohara sendiri adalah salah satu fansnya.
Seiyuu: Hikaru Midorikawa (Kaito Wanijima - Air Gear)

6. YUKINE MIYAZAWA (宮沢 有紀寧)
Gadis yang selalu ada di ruang penyimpanan buku perpustakaan. Ia selalu menyambut ramah siapapun yang datang ke sana dan terkadang memberi mantra yang berkaitan dengan percintaan (yang hasilnya terkadang tak terduga xD)
Seiyuu: Atsuko Enomoto (Misaki Suzuhara - Angelic Layer)

7. MISAE SAGARA (相楽 美佐枝)
Penjaga asrama pria tempat Youhei tinggal. Dikenal sebagai ibu kos yang galak dan kuat saat marah, namun sangat baik saat tenang. Ia memelihara seekor kucing yang sesungguhnya menyimpan sebuah rahasia besar.
Seiyuu: Satsuki Yukino (Yoruichi Shihouin - Bleach)

8. RIE NISHINA (仁科りえ)
Ketua klub choir (paduan suara) yang berbagi guru pembimbing dengan klub teater Nagisa. Pembawaannya lemah lembut dan ramah. Dulu Nishina seorang violinis, tapi kecelakaan yang dialaminya membuatnya tak bisa main biola lagi, dan membuatnya beralih ke paduan suara. Ia jugalah yang meminjamkan biola pada Kotomi.
Seiyuu: Mai Aizawa (Ayano Minegishi - Lucky Star)

9. SUGISAKA (杉坂)
Anggota choir dan sahabat Nishina. Awalnya ia tidak setuju untuk berbagi pembimbing dengan klub teater, namun melihat perjuangan Nagisa dan teman-temannya akhirnya ia luluh.
Seiyuu: Ai Bandou (Misora Kasuga - Mahou Sensei Negima)

10. NAOYUKI OKAZAKI (岡崎 直幸)
Ayah Tomoya. Sepeninggal ibu Tomoya (namanya Atsuko), ia menjadi pemabuk dan penjudi. Ia juga sering memukuli anaknya tanpa sadar karena stres, dan begitu ia sadar Tomoya terlanjur menjaga jarak darinya. Hubungan keduanya mulai membaik berkat keluarga Nagisa dan keberadaan Ushio.
Seiyuu: Hiroshi Naka (Enma - Naruto)

11. USHIO OKAZAKI (岡崎 汐)
Anak Nagisa & Tomoya. Fisik & sifatnya sangat mirip dengan Nagisa. Sayang, ia juga menderita penyakit yang sama dengan Nagisa.
Seiyuu: Satomi Korogi (Himawari Nohara - Crayon Shin-chan)

12. Mystery Girl (?)
Gadis misterius yang kerap muncul dalam mimpi Tomoya di sebuah dunia tanpa manusia lain selain gadis itu. Gadis ini memiliki kemampuan untuk menghidupkan benda yang ia buat, salah satunya adalah robot rongsokan tempat 'Tomoya' berdiam dalam mimpinya.
Seiyuu: Tomoko Kawakami (Athena Glory - Aria the Animation)


-------------------------------------------------------------------------------------------------

Wuaaa! Segini cukup? ;D *hehe*
Sebetulnya masih ada anime sekuel dari CLANNAD, yaitu CLANNAD: After Story, cuma pasti kepanjangan kalau dijelasin di sini (ini juga udah panjang kan??).
Jadi mungkin kapan2 akan kubahas sekuelnya ini ^_^

Mata nee~~!! XD

2 komentar:

  1. NNAD ~AFTER STORY~ Insert Song – Komorebi

    credits:
    http://atashi.wordpress.com/2009/03/02/clannad-after-story-insert-song-komorebi/

    Sunbeams Streaming Through the Leaves
    Vocals: riya
    Lyrics: Key
    Composition: Togoshi Magome
    Arrangement: Takumaru
    Adapted from original BGM track “Ushio”

    Tears spill and fall because of what?
    It’s because we’ve aged too much

    There’s nothing to be given to us anymore
    Go find your own flower
    And advance, advance to the future

    It’s not that we can’t meet anymore
    It’s just that I’m just rowing out to the vast sea
    The ship is leaving; c’mon, wave your hand

    Tears spill and fall because of what?
    It’s because we’ve aged too much

    Rocking in my chair, I dreamed
    Of the sunbeams streaming through the leaves on the day
    When you were born within a small blessing
    Of the happy days


    Komorebi
    Vocals: riya

    Namida ga kobore ochiru no wa nan no sei
    Kasanesugita toshi no sei

    Mou watashi-tachi ga ataerareru mono wa nai
    Anata jishin no hana o mitsukete
    Susume susume mirai e to

    Mou aenaku naru wake ja nain da tada
    Oounabara ni kogidashite yuku dake
    Fune wa yuku saa te o futte

    Namida ga kobore ochiru no wa nan no sei
    Kasanesugita toshi no sei

    Isu ni yurarete yume o mite itan da
    Anata ga chiisa na shukufuku no naka de
    Umarete kita hi no komorebi o
    Shiawase na hi o


    Indonesia translation ready sing along
    by mbah Yasu

    oh..apakah..sebabnya..
    air ma..ta ini..menitik...
    karena kita telah menu..a

    tak..'da..lagi..yang dapat..
    diberi....kan kepa..da kita
    temukan bagi dirimu..bungamu
    tetaplah kau melaju, melaju
    ke masa depan

    buka..nnya kita tidak dapat
    berjumpa dan bertemu lagi
    hanya saja aku berlayar
    pergi ke laut luas
    kapal pun berjalan,
    lambaikan tanganmu

    oh..apakah..sebabnya..
    air ma..ta ini..menitik...
    karena kita telah menu..a

    di atas kursiku
    yang bergerak berayun-ayun,
    kuimpikan sinar mentari menembus dedaunan
    saat kelahiranmu
    dengan secercah berkah
    di hari yang bahagia

    BalasHapus
  2. Btw itu gadis paling terakhir adalah anaknya Tomoya dan Nagisa di dunia lain.. Kalau sudah nonton ending Clannad After Story pasti ngerti.. ^^
    Nice Posting.. Arigatou ^^d

    BalasHapus

Comment yaa!!!